Verification: db4805ba8592a3f6

PDAja.com

pdaja

Cara Mudah Mencapai Kondisi Finansial Yang Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Mencapai Kondisi Finansial – PDaja.com | Dalam hal keuangan, memiliki kondisi finansial yang sehat menjadi salah satu resolusi yang ingin diwujudkan banyak orang. Selain meningkatkan kualitas hidup, kesehatan finansial juga menjadi faktor penentu kemampuan keuangan kita di masa depan. Salah satu tanda sehat finansial yang paling mudah dikenali adalah dari arus keuangan, atau cash flow yang lancar. Artinya, jumlah pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan setiap bulan.

Namun untuk mencapai finansial yang sehat, terkadang sedikit sulit dilakukan untuk sebagian orang. Hal ini dikarenakan tidak adanya pemahaman dan pengetahuan yang tepat untuk mencapai kondisi tersebut. Jika Anda tidak mulai mengelola keuangan dari sekarang, serta lebih memilih memprioritaskan keinginan sehingga pengeluaran membengkak, Anda akan lebih rentan menghadapi stres dan terserang penyakit. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mencapai kondisi finansial yang sehat.

Bijak Menentukan Kebutuhan

Mencapai Kondisi Finansial

Menuruti keinginan dalam berbelanja memang tidak akan ada habisnya. Nafsu berbelanja yang tidak dikelola dengan bijak akan membawa implikasi dan pengeluaran pun akhirnya membengkak. Untuk mengatasinya, Anda harus berkomitmen hidup hemat dan cermat. Ini merupakan mencapai kondisi finansial yang sehat agar keuangan tetap stabil. Sebelum mendahulukan keinginan, coba pikir dahulu, apakah barang yang akan dibeli berguna untuk kebutuhan? Jika dirasa tidak, sebaiknya urungkan niat membeli.

Mencatat Kebutuhan Bulanan

Mencapai Kondisi Finansial

Langkah lain untuk mencapai kondisi finansial yang sehat adalah dengan membuat skala prioritas. Tanpa disadari, daftar kebutuhan yang dicatat akan sangat membantu dalam mengelola keuangan sehingga pengeluaran kebutuhan bulanan dapat diprediksi. Kebiasaan ini juga memudahkan untuk mulai menabung tiap bulan. Cara melakukannya pun terbilang sederhana, catat kebutuhan bulanan seperti biaya listrik, air, kuota, bahan pokok, biaya makan sebulan, dan kebutuhan lainnya. Tempel daftar di tempat yang sering Anda lihat seperti pintu kulkas atau dinding kamar.

Tidak Hidup Dalam Gengsi

Mencapai Kondisi Finansial

Gaya hidup tinggi dan gengsi merupakan dua hal yang berkaitan erat. Keduanya ini menjadi penyebab mengapa kondisi finansial yang sehat sulit tercapai. Jika hal ini berlanjut dan terus dilakukan, tentunya pengelolaan uang tak akan berjalan dengan baik apalagi jika pendapatan tidak cukup untuk menutupi gaya hidup. Jadi, hindari gengsi hanya demi mendapat pengakuan orang lain. Hal ini justru akan membuat diri semakin tertekan.

Daripada sibuk memikirkan gengsi dan gaya hidup yang berlebihan, Sebaiknya Anda memprioritaskan diri untuk melakukan hal yang jauh lebih produktif seperti memulai bisnis dan mengembangkannya. Hal ini juga dapat membantu Anda lebih mudah mencapai kondisi finansial yang sehat. Jika dalam kondisi tertentu Anda kesulitan membangun usaha karena terkendala modal, Anda dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman rekening koran dari PDaja.com. Fasilitas pinjaman ini memberikan bunga ringan 1% per bulan dan limit pinjaman hingga Rp 5 Milyar, cocok bagi karyawan maupun profesional yang juga berkeinginan mencapai kondisi finansial yang sehat.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/)

 

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Franchise Dangan Pinjaman Rekening Koran

Realted Article

 
 
Ketemu Admin Yuk
1
Admin PDaja.com
Hallo kak, Aku Admin PDaja
Ada yang bisa Admin bantu?