PDAja.com

pdaja

Artikel PDaja

Temukan berbagai macam artikel disini!

Ketahui Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat Bagi Karyawan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Ketahui Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat Bagi Karyawan! – PDaja.com | Setelah melewati masa pandemi Covid-19, kita dapat belajar bahwa sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara terbaik untuk mengatur keuangan khsususnya menyiapkan dana darurat (emergency fund).

Walaupun anda sebagai karyawan mendapatkan gaji setiap bulannya, namun anda tetap harus lebih memperhatikan keamanan dan kesejahteraan finansial diri anda dan keluarga sedini mungkin. Kesejahteraan finansial dapat ditandai dengan ketersediaan dana darurat yang cukup.

Mirisnya, akibat pandemi kesejahteraan finansial karyawan Indonesia telah jatuh dibawah rata – rata. Menurut laporan Mekari Whitepaper : Laporan Kesejahteraan Finansial Karyawan Indonesia 2022, 74% karyawan mengalami kondisi finansial yang buruk selama pandemi karena pendapatan tidak cukup untuk membiayai pengeluaran tidak terduga. Sementara 79% lainnya karyawan merasa bahwa perusahaan bertanggung jawab atas kesejahteraan dinansial pekerja. Kontras sekali hanya 27% perusahaan berpikiran dan melakukan inisiatif yang sama.

Mengenal Dana Darurat

pentingnya dana darurat

Dana darurat adalah sumber keuangan yang disisihkan khusus untuk menangani biaya-biaya tidak terduga atau keadaan darurat. Penting bagi karyawan untuk memiliki dana darurat karena kejadian-kejadian tidak terduga, seperti kerusakan mobil atau keadaan medis darurat, dapat mengganggu keuangan jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk menangani biaya-biaya tersebut.

Lalu berapa yang harus disisihkan untuk menyiapkan dana darurat? Sejatinya, setiap kebutuhan dana darurat bagi setiap orang itu berbeda beda. Namun, menurut DKJN Kementrian Keuangan, direkomendasikan untuk menyiapkan dana darurat sebagai berikut :

Besaran minimal dana darurat yang harus dipersiapkan idealnya adalah 6-12 kali lipat pengeluaran per bulan dengan mempertimbangkan kondisi masing-masing individu, yang dapat dicermati pada rincian di bawah ini.

  • Belum menikah     : 6 kali lipat per bulan
  • Sudah menikah      : 9 kali lipat pengeluaran per bulan
  • Sudah menikah dan memiliki anak : 12 kali lipat pengeluaran per bulan

Rumus diatas direkomendasikan DKJN Kementrian Keuangan dinilai sebagai yang paling ideal untuk menyiapkan dana darurat. Karena apabila seseorang kehilangan pekerjaannya, ia masih dapat bertahan sesuai dengan besaran kali lipat pengeluarannya perbulan.

Langkah Langkah Menyiapkan Dana Darurat untuk Karyawan

pentingnya dana darurat

Berikut adalah beberapa tip untuk membangun dana darurat sebagai karyawan:

1. Tentukan berapa banyak yang Anda butuhkan

Aturan yang baik adalah memiliki setidaknya tiga hingga enam bulan biaya hidup yang tersimpan dalam dana darurat Anda. Ini akan memberi Anda daya dukung jika Anda mengalami kerugian pendapatan tiba-tiba atau biaya tidak terduga.

2. Mulailah dengan jumlah kecil

Jika Anda belum menyimpan banyak uang, jangan biarkan itu menyebalkan Anda. Mulailah dengan menyisihkan jumlah kecil setiap bulan, dan secara bertahap tingkatkan jumlah tersebut sesuai kemampuan Anda.

3. Atur transfer otomatis

Salah satu cara untuk memudahkan menyimpan untuk dana darurat Anda adalah dengan mengatur transfer otomatis dari akun checking Anda ke akun tabungan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengatur dan lupakan, dan uang akan ditransfer secara otomatis pada basis reguler.

4. Simpan dana darurat Anda di akun terpisah

Baiknya menyimpan dana darurat Anda di akun terpisah dari akun checking dan tabungan reguler Anda. Ini akan membantu mencegah Anda mengeluarkannya untuk keperluan non-darurat.

5. Pertimbangkan akun tabungan dengan bunga tinggi

Jika Anda memiliki dana darurat yang besar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan menyimpan dana darurat tersebut di akun tabungan dengan bunga tinggi. Akun-akun ini biasanya menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada akun tabungan reguler, sehingga Anda bisa menghasilkan lebih banyak uang saat uang tersebut duduk di akun tersebut.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membangun dana darurat yang akan memberi Anda ketenangan pikiran dan keamanan finansial dalam menghadapi pengeluaran atau keadaan darurat yang tidak terduga.

Expro PDaja

Dapatkan pinjaman untuk karyawan dengan angsuran bunga rendah hanya 0,05% setiap harinya dengan PDaja.com. PDaja.com adalah platform pinjaman dari Bank Sampoerna yang menyediakan produk Kredit Multi Guna dengan agunan rumah, ruko, kantor dan gudang. Pinjaman yang mudah dan aman karena PDaja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cari tahu lebih lanjut mengenai informasi pinjaman di PDaja.com melalui website www.pdaja.com beserta informasi layanan dan keunggulan lainnya.

Baca Juga : Pinjaman Online OJK apakah aman? Berikut apa itu pinjaman online yang di awasi OJK

Realted Article

 
 
Ketemu Admin Yuk
1
Admin PDaja.com
Hallo kak, Aku Admin PDaja
Ada yang bisa Admin bantu?