PDAja.com

pdaja

Artikel PDaja

Temukan berbagai macam artikel disini!

Pengertian Lengkap Rekening Koran

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Pengertian Lengkap Rekening Koran – Pdaja.com | Sebagian dari Anda tentu pernah  mendengar mengenai istilah rekening koran yang berhubungan dengan perbankan. Laporan ini adalah laporan penting untuk usaha dalam pengelolaan transaksi bisnis dan mengetahui keuangan usaha secara detail. Tetapi apa sebetulnya rekening koran itu, cara mendapatkannya dan fungsinya untuk Anda atau usaha Anda?

Apa Itu Rekening Koran?

Pengertian Rekening Koran ialah sebuah rangkuman proses transaksi keuangan yang lengkap dari satu rekening. Transaksi bisnis itu bisa berbentuk rekening pribadi atau rekening suatu perusahaan.

Di laporan ini, nantinya Anda dapat mendapati alur debit serta kredit, dan histori transfer antar nasabah. Semua data transaksi bisnis umumnya dikirim langsung oleh pihak bank ke pemilik rekening. Setiap bank mempunyai ketentuan dan ketetapan masing-masing terkait hal ini.

Beberapa bank rutin mengirim laporan ini setiap bulan atau berkala. Nasabah memiliki hak meminta laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu.

Tetapi tidak semua bank memang mengirimkan rekening koran tanpa diminta. Anda harus mengajukan permintaan penerbitan laporan itu langsung ke kantor bank cabang. Biasanya, beberapa bank akan meminta biaya penerbitan laporan itu.

Tetapi kemajuan teknologi turut merambah dunia perbankan telah mengganti cara untuk mengetahui laporan ini. Bila dulu nasabah yang membutuhkan rekening koran harus memeriksa transaksi harus datang ke Bank terkait, saat ini setiap nasabah dapat mengecek transaksi keuangan melalui mobile banking. Perubahan ini tidak langsung menggeser posisi laporan ini dalam sistem transaksi perbankan.

Fungsi dari Rekening Koran

1. Mengajukan Visa
2 men in yellow and black suit action figures

Bila Anda ingin berlibur atau dinas ke luar negeri, ada beberapa negara yang mengharuskan kamu mempunyai visa. Di saat inilah rekening koran memiliki peran.

Saat ingin mengajukan permintaan visa, Anda harus bisa menunjukkan jika Anda memiliki cukup dana hingga tidak menggelandang di negara tujuan. Umumnya syarat yang diminta, menyertakan pelbagai dokumen yang dianggap dapat memberikan info dan menggambarkan kondisi finansial Anda.

Sebut saja Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) 21, slip gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan daftar riwayat transaksi selama 3 atau 6 bulan terakhir yang dapat Anda dapat dari percetakan rekening koran.

2. Mengetahui Rangkuman Transaksi

 

person using MacBook pro

Fungsi rekening koran pada intinya sama dengan buku tabungan, yakni menampilkan transaksi yang terjadi sepanjang kurun waktu tertentu (biasanya tiga bulan). Info yang ada di rekening koran mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank, dan biaya administrasi.

Rekening koran mempunyai kelebihan, yaitu tidak cuma mencantumkan tanggal, waktu seperti pada yang ada di buku tabungan, tetapi juga pesan yang tercantum saat transaksi dilakukan dan hal detail yang lain.

3. Menjadi Bukti Hukum

woman holding sword statue during daytime

Rekening koran dapat jadi bukti hukum yang sah jika suatu saat Anda tersangkut perselisihan dengan pihak lain yang berkaitan dengan mutasi rekening.

Misalnya saja saat Anda yakin sudah mengirim sejumlah uang untuk membayar pesanan pada suatu online shop, tetapi pihak penjual belum ada uang terkirim atas nama rekening kamu, sehingga order kamu tidak dapat diproses. Karena itu rekening koran bisa membuktikannya.

4. Mengajukan Pinjaman

person writing on white paper

Apabila Anda sedang memerlukan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), tentu bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Misalnya fotocopy lembar rekening koran yang dikeluarkan bank.

Rekening koran dapat menjadi salah satu dokumen yang bisa mendukung pada saat Anda mengajukan atau membuat permohonan tertentu untuk memberikan bukti jika ada alur keuangan yang sehat pada rekening Anda. Hal ini jadi penting jika Anda berstatus bukan karyawan perusahaan.

5. Ikut Lelang

brown wooden tool on white surface

Untuk Anda yang tertarik mengikuti lelang, Anda akan dimintai rekening koran. Khususnya lelang proyek milik swasta atau pemerintah.

Peserta lelang harus memberikan bukti kepemilikan dana dengan memperlihatkan jumlah saldo yang ada di rekeningnya. Jangan lupa lampirkan rekening koran dalam dokumen syarat lelang.

Persyaratan Pengajuan Rekening Koran

woman signing on white printer paper beside woman about to touch the documents

Untuk Anda yang ingin mengajukan rekening koran, sebaiknya ketahui prosedur pengajuannya. Setiap Bank kemungkinan mempunyai persyaratan yang sedikit berbeda. Tetapi pada dasarnya untuk mengajukan rekening koran ketentuannya tidak susah, berikut persyaratan yang perlu Anda penuhi:

  • Buku Tabungan

Bawa buku tabungan asli ke kantor cabang bank terdekat. Saat berjumpa dengan customer service, sampaikan maksud Anda untuk mencetak rekening koran. Berikan buku tabungan ke pegawai bank untuk dilihat transaksi keuangannya.

  • Identitas Diri

Untuk validasi data, Anda perlu menyertakan identitas diri asli. Sebaiknya, membawa KTP atau tanda pengenal lain, seperti SIM atau paspor yang dapat memperkuat bukti bahwa Anda ialah pemilik yang sah rekening itu sesuai data pada buku tabungan.

Pihak bank akan melakukan pengecekan dan menyamakan data pada buku tabungan dan identitas diri. Bila kedua data sesuai, pihak bank akan memproses pengajuan penerbitan.

  • Kartu Debit

Pihak bank tak kan memproses pengajuan cetak laporan itu jika Anda tidak membawa kartu debit. Upayakan membawa kartu debit bersama sejumlah data lainnya yang dapat mempercepat proses pencetakan rekening koran. Kartu debit menunjukkan keaslian atas kepemilikan rekening pribadi atau perusahaan.

  • Biaya Cetak

Sebelum proses pencetakan rekening koran, Anda akan dimintai sejumlah dana untuk biaya cetak. Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, tiap bank mempunyai peraturan masing-masing. Anda harus membayar biaya cetak pada pihak bank, agar prosesnya lebih cepat.

Itulah pengertian dari rekening koran yang dapat kami sampaikan untuk anda, jika anda sedang mencari plafon pinjaman rekening koran terpercaya maka anda bisa mengandalkan PDaja.com.

PDaja.com adalah plafon dari Bank Sahabat Sampoerna yang bisa memberikan pinjaman sampai dengan Rp. 25 miliar. Uniknya dalam pinjaman PDaja.com, tenor yang ditawarkan yaitu 12 bulan tetapi bisa diperpanjang tiap tahunnya.

Dalam rentang waktu pinjaman tersebut, bunga yang dibayarkan hanya yang dipakai atau ditarik dari rekening fasilitas plafon rekening koran. Jika tidak ada penarikan, tidak ada outstanding atau tunggakan yang harus dibayarkan.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/ )

Baca Juga : Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit

Realted Article

 
 
Ketemu Admin Yuk
1
Admin PDaja.com
Hallo kak, Aku Admin PDaja
Ada yang bisa Admin bantu?