Verification: db4805ba8592a3f6

PDAja.com

pdaja

Tips Alokasi Modal Usaha Untuk Meningkatkan Keuntungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Tips Alokasi Modal Usaha – PDaja.com | Bisnis yang telah berkembang hingga besar biasanya diawali dengan pengelolaan modal usaha yang efektif. Modal usaha adalah salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga keuangan usaha tetap stabil bahkan mengalami peningkatan secara terus-menerus.

Sayangnya, ada banyak pengusaha yang akhirnya ‘gulung tikar’ hanya karena tidak tahu bagaimana caranya mengelola modal usaha. Pada dasarnya, tidak ada cara pasti yang dapat dilakukan untuk mengelola modal usaha, karena setiap bisnis memiliki aturan tersendiri untuk mengalokasikan modalnya. Lalu bagaimana cara mengelola modal usaha dengan efektif?

  1. Membuat Rekening Terpisah Untuk Usaha
    Tips Alokasi Modal Usaha

Berpikirlah tiga langkah ke depan seperti pemain catur. Mungkin saat ini usaha Anda masih termasuk kecil. Namun, menggabungkan hasil usaha Anda dengan rekening pribadi bukan cara bijak. Untuk lebih lancar mengatur modal usaha, buatlah rekening bank terpisah, khusus untuk bisnis Anda. Dengan demikian, pengeluaran yang tercatat dapat lebih akurat.

  1. Membuat Pos Khusus Pengeluaran
    Tips Alokasi Modal Usaha

Sudah memisahkan rekening usaha dengan pribadi? Sekarang saatnya untuk membuat pos khusus pengeluaran. Butuh berapa persen pengeluaran untuk usaha Anda? Berapa persen target laba yang Anda tentukan? Jangan lupakan kas cadangan, terutama untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan darurat seputar bisnis Anda.

  1. Membuat Catatan Pembukuan
    Tips Alokasi Modal Usaha

Banyak pebisnis awam yang tidak begitu menyukai kegiatan ini, namun sebenarnya sangat penting untuk mengatur modal usaha. Bahkan, kalau bisa bon alat tulis untuk keperluan bisnis juga jangan sampai hilang. Pengeluaran paling kecil pun harus ikut dicatat. Dari sana, Anda bisa mengetahui mana pengeluaran terbesar, agar bisa mengakalinya lain kali demi penghematan.

  1. Fokus Pada Satu Bisnis Agar Lebih Maksimal
    Tips Alokasi Modal Usaha

Cara terakhir dalam mengelola modal usaha adalah fokus pada bidang usaha yang sedang Anda tekuni. Jangan terlalu cepat untuk menambah usaha lain jika target bisnis Anda belum tercapai. Hal ini dapat mempengaruhi keadaan modal usaha Anda dan menyebabkan ketidakstabilan keuangan usaha. Selain itu, fokus Anda akan terbagi sehingga bisnis yang sedang dijalani tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Naik turunnya hasil usaha merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis, hal ini untuk menguji kesiapan mental Anda dalam berbisnis. Ketika Anda merasa bahwa alokasi modal usaha untuk bisnis kurang mencukupi, maka janganlah ragu untuk mencari investor, atau sumber dana tambahan seperti pinjaman bank ataupun program keuangan lainnya demi keberlangsungan bisnis. Anda dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman rekening koran dari PDaja.com. Fasilitas pinjaman ini memberikan bunga ringan 1% per bulan dengan limit pinjaman hingga Rp 5 Milyar, cocok bagi karyawan maupun profesional yang ingin terjun menjadi seorang pengusaha.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/)

 

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Franchise Dangan Pinjaman Rekening Koran

Realted Article

 
 
Ketemu Admin Yuk
1
Admin PDaja.com
Hallo kak, Aku Admin PDaja
Ada yang bisa Admin bantu?