Verification: db4805ba8592a3f6

PDAja.com

pdaja

Menyusun Marketing Plan Dalam Langkah-langkah Mebangun Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Menyusun Marketing Plan – PDaja.com | Saat menjalankan bisnis, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti strategi, terutama untuk memasarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan. Inilah yang disebut dengan marketing plan atau perencanaan pemasaran.

Marketing plan akan membantu Anda menyusun setiap rencana agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, penting bagi seorang pebisnis memahami marketing plan agar tidak salah langkah dalam memutuskan sesuatu.

Beberapa hal berikut ini menjadi unsur-unsur untuk menyusun marketing plan dalam bisnis anda:

1. Konsep dan Tujuan Perusahaan

Menyusun Marketing Plan

Anda perlu memahami konsep awal dan tujuan didirikannya perusahaan, dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan strategi yang akan digunakan. Setelahnya Anda juga bisa fokus pada hal-hal yang akan diprioritaskan oleh perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

2. Tetapkan Target Market

Menyusun Marketing Plan

Hal lainnya yang penting dalam marketing plan adalah mengetahui siapa yang akan menjadi target market bisnis Anda, bisa dari segi usia, geografis serta pemasukan. Menentukan target market akan membantu Anda menetapkan promosi yang paling tepat dan sesuai dengan target market yang ingin disasar, sehingga kegiatan pemasaran akan lebih efektif.

3. Tentukan Jenis Promosi

Menyusun Marketing Plan

Ada berbagai macam jenis promosi yang dapat Anda terapkan sesuai dengan gaya perusahaan dan target market, misalnya Anda memilih untuk menyasar anak muda dengan usia 16 sampai 30 tahun, maka online marketing akan sangat membantu Anda. Anda bisa menggunakan sosial media seperti, instagram dan tiktok dalam melakukan pemasaran bisnis. Tentukan yang paling menguntungkan untuk Anda dan perusahaan.

4. Menetapkan Budget

Menyusun Marketing Plan

Tetapkan budget yang sesuai, agar proses eksekusi dan pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, menentukan budget sebelum memulai sesuatu sangat penting, agar hasil akhir yang diterima sesuai dengan ekspektasi dan harapan.

Itu dia beberapa contoh marketing plan yang dapat Anda gunakan untuk usaha Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum melakukan eksekusi. Jika bisnis Anda membutuhkan modal dalam jumlah besar, Anda dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman rekening koran dari PDaja.com. Fasilitas ini sangat mudah diajukan asalkan Anda memiliki income, tujuan kredit, dan jaminan yang dapat di agunkan. Yuk ajukan untuk mengembangkan bisnis semaju mungkin.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/)

 

Baca Juga : Cara Pemilihan Lokasi Wirausaha Harus Memperhatikan Layak Atau Tidaknya Untuk Usaha

Realted Article

 
 
Ketemu Admin Yuk
1
Admin PDaja.com
Hallo kak, Aku Admin PDaja
Ada yang bisa Admin bantu?